Kamis, 08 Desember 2011

Perbedaan Windows Mobile, Symbian, Blackberry, Iphone dan Android

Windows Mobile
Windows mobile adalah sebuah sistem operasi ponsel yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan dalam ponsel pintar dan perangkat mobil, namun dikeluarkan untuk pasar tertentu. Windows Mobile nantinya digantikan oleh Windows Phone 7. Versi terakhir adalah Windows Mobile 6.5 yang didasarkan pada Windows CE 5.2 kernel, dan memiliki fitur sekumpulan aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Windows API. Sistem operasi ini didesain menjadi semirip mungkin dengan Windows versi deskto, baik secara fitur dan tampilan. Selain itu, pengembangan software oleh pihak lain dimungkinkan dalam operasi ini. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diperoleh melalui Windows Market place for Mobile.

Symbian
Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak(mobile). Saat ini symbian OS telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi  ini memiliki antar muka  pemograman aplikasi (Aplication Programming Interface; API). API ini didukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antar muka yang didefinisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam.

Blackberry
Blackberry adalah sebuah perngkat seluler yang mempunyai kemampuan selain untuk menelepon juga mempunyai  push-email, internet, dan macam-macam kemampuan nirkabel lainnya. Blackberry ini mempunyai sistem operasi RIM (Research In Motion) yang mampu menyediakan sistem operasi yang multi tugas (multi-tasking operating system-OS) yang memungkinkan bagi pengguna secar intens dari sebuah alat. Dan OS Blackberry yang mendukung MIDP 1.0 dan WAP 1.2 yang memungkinkan sinkronisasi nirkabel lewat e-mail, kalender dan juga lotus. Dan akhir-akhir ini Blackberry mengeluarkan dengan OS 4 yang meupakan pelengkap MIDP 2.0 dan didukung oleh BES+ yaitu sebuah layanan gabungan dari BES dan BIS yang mampu menerima dan mengirim e-mail kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan juga 10 jumlah akun e-mail berbasis POP3/IMPA melalui sebuah telepon genggam.

Iphone
Iphone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS dan voicemail. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet, untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain. Antarmuka degan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol.
Generasi Iphone;
  1. Iphone generasi pertama, mulai dipasarkan pada 29 Juni2007 di AS.
  2. Iphone generasi kedua, yang bernama Iphone 3G (karena disertai dengan fitur 3G) diluncurkan di berbagai negara pada 11 Juli 2008.
  3. Iphone generasi ketiga atau Iphone 3GS, diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2009.
  4. Iphone generasi keempat atau Iphone 4, diluncerkan pada akhir Oktober 2010. 
  5. Iphone generasi terbaru  atau iphone 4S telah dirilis pada akhir Oktober 2011.
  6. Iphone generasi selanjutnya atau Iphone 5 yang menurut isu akan di keluarkan pada tahun 2012
Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacamperanti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel, kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar