Sabtu, 24 Desember 2011

Perbandingan Repeater, HUB, Switch, Bridge dan Router Menurut Fungsi dan Keunggulannya

1. Repeater


Repeater merupakan sebuah stasiun untuk menerima sinyal yang masuk dan mengirimnya kembali pada frekuensi yang berbeda.
Repeater berfungsi sebagai penguat sinyal dari kabel, misalya pada sebuah jaringan LAN dengan topologi star yang menggunakan kabel UTP,selain itu repeater juga berfungsi menerima sinyal dari BTS operator dan memancarkan ulang kekuatan yang lebih tinggi.

2. Hub

Hub adalah penghubung antar komputer, Hub digunakan untuk sebuah jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu grup IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di Hub,maka akan tersalin ke port lainnya di hub yang sama dan semua komputer yang tersambung di Hub yang sama dapat membaca paket tersebut.
Hub berfungsi untuk menerima sinyal dari satu komputer dan mentransmisikannya ke komputer yang lain. selain itu Hub juga berfungsi untuk.
  1. Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation.
  2. Menambah jarak network (fungsi sebagai repeater).
  3. Memberikan management yang tersentralisasi.

3. Switch

Switch merupakan sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan (mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. Switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer, sehungga dapat bekerja untuk paket protokol apapun.
Swicth berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.

 4. Bridge

 Bridge merupakan sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token, Ring dan Ethernet.
Bridge berfungsi untuk memisahkan suatu paket data yang harus dikirimkan pada jaringannya sendiri atau pada jaringan yang lain apabila kedua jaringan terhubung. Bridge dapat berfungsi juga sebagai router pada jaringan yang lebih luas.

5. Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar