Kamis, 08 Desember 2011

Perbedaan SUN, Linux, Mac Os dan Free BSD

SUN Solaris
SUN Solaris adalah salah satu UNIX yang paling dikenal dunia, dibuat oleh Sun Microsystem. Solaris berjalan pada high-end hardware yand dapat mendukung puluhan processor, GB RAM, serta Harddisk. Ia banyak digunakan sebagai pltform oleh aplikasi enterprise, seperti Oracle. Solaris didesain untuk berjalan pada processor SPARC yang diproduksi oleh SUN. karena SUN mengontrol sendiri hardware dan software, mereka dapat mengembangkan system dengan fitur-fitur menarik, seperti; hot-swappable RAM, Mainboard, Harddisk, CPU.

Linux
Linux adalah sebuah kloning UNIX, ditulis benar-benar dari bawah lebih dari satu dekade lalu. LInux sama dengan BSD dalam banyak hal, namun BSD telah mempunyai budaya yang telah lama, serta lebih ramah terhadap dunia komersial. Linux mensyaratkan kepada pemakai komersial untuk memberikan feedback kembali ke Linux, sementara BSD tidak mempunyai batasan seperti ini. Diantara pengguna UNIX, terdapat konflik antara kubu BSD dan LINUX. Namun jika anda menggali lebih dalam, sebaliknya anda akan melihat bagaimana para developer berkomunikasi dan bekerjasama dengan ramah dan pikiran terbuka. Hanya sebagian kecil dari user maupun developer yang membuat frik.

Mac Os X
Mac Os X adalah sejumlah bongkahan besar FreeBSD telah diintegrasikan ke dalam Mac Os X Apple. Mac Os merupakan Operating System yang stabil dengan Interface yang friendly dan powerful. Meskipun FreeBSD telah mempunyai interface desktop untuk para profesional komputer, namun kelihatannya kurang cocok untuk paranoid, kakek-kakek, maupun nenek-nenek. Mac Os lebih cocok untuk mereka karena mempunyai desain yang sangat intuitif. Mereka dapat langsung menggunakannya tanpa harus banyak berpikir. Mac Os menyertakan banyak hal yang sebenarnya tidak diperlukan untuk menjalankan sebuah server internet,serta hanya dapat berjalan pada hardware Apple. Sehingga untuk keperluan server murah dan powerfull, Mac Os tidak direkomendasikan. Meskipun kita tidak dapat melihat pada source code GUI interface Mac Os, kita tetap dapat melihat source code BSD yang ada didalamnya. Apple telah mereleasenya dengan nama kode Darwin.

Free BSD
Free BSD adalah sebuah sistem operasi mirip UNIX yang (berlisensi) bebas. Pada tahun 1993 ketika pengembangan 386BSD dihentikan, lahirlah dua proyek baru ; Net BSD yang dikenal dapat dijalankan pada banyak jenis arsitektur, dan FreeBSD yang mendukung platform X86, AMD64, IA64, Sparc64 dan Alpha. FreeBSD 6.0 dikenal dengan stabilitas, performa dan keamanannya, sehingga digunakan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia.
Rilis UNIX FreeBSDyang digunakan saat ini adalah versi 6.2. Pengembangan Gentoo/FreeBSD menggunakan versi ini, sedangkan pengembangan dengan versi lama telah dihentikan dan tidak lagi didukung. Gentoo/FreeBSD adalah subproyek dari proyek Gentoo/Alt, yang bertujuan untuk menyediakan sistem operasi FreeBSD berkemampuan penuh dengan mengambil rancangan dari Gentoo Linux, seperti sistem init dan sistem manajemen paket Portage.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar