Software merupakan program yang berisi instruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara, sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.
2. Perkembangan Pembuatan Perangkat Lunak
- Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang direpresentasikan sebagai binary digit (bit),yaitu 1 (benar/on) atau 0 (salah/off), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), word (2 byte), double word (32 byte)
- Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini diubah menjadi kode-kode yang dikenal sebagai assembler.
Era Pioner
- Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel antar bagian dalam komputer
- Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi.
- Pada era in, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsungdan hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out.
Era Stabil
- Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
- Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk.
- Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan satu-satu tapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking).
- Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai dikenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).
Era Mikro
- Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan.
- Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi
- Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal
- Perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.
- Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern
- Saat ini perangkat lunak sudah terdapat dimana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosessornya, sebuah komputer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC.
- Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah ditanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.
- Sistem operasi : saat komputer pertama kali dihidupkan, sistem operasi inilah yang pertama kali dijalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjamahkan masukan, mengatur proses internal, manajemen penggunaan memori dan memberikan keluaran keperalatan yang bersesuaian.
- Perangkat lunak bahasa : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan komputer.
- Bahasa tingkat rendah (machine language) : merupakan bahasa yang digunakan di dalam komputer itu sendiri. (Assembly Language, RPG (Repeat Program general)).
- Bahasa tingkat menengah : merupakan bahasa komputer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari-hari. Program Fortran (Formula Translator).
- Bahasa tingkat tinggi : merupakan bahasa komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari. Basic, Cobol, Pascal.
- Aplikasi : sistem operasi ini merupakan perngkat lunak sistem dengan fungsi tertentu.
- Word Processing/Processor (Pengolah Kata)
- Program Database
- Program Spreadsheet
- Program CAD (Computer Aided Design)
- Program Layout Artikel (Publisher)
- Program Aplikasi Multimedia
- Program Aplikasi Internet
- Program Aplikasi Games
Tidak ada komentar:
Posting Komentar