Rabu, 30 November 2011

Pengenalan Hardware Komputer

     Dalam sebuah komputer ada yang dinamakan software (perangkat lunak) dan ada yang dinamakan hardware (perangkat keras). Berikut adalah perangkat-perangkat keras hardware yang kita ketahui, daintaranya adalah:

1. Keyboard

      Keyboard adalah sebuah media input utama dari sebuah komputer, cara kerja dari keyboard ini sendiri adalah dengan menekan serangkaian tombol (huruf yang ada) yang kemudian nantinya akan dimasukkan sebagai data atau perintah. Keyboard adalah sebuah perangkat keras yang terdiri dari susunan huruf mirip mesin ketik manual ditambah berbagai tombol seperti: ENTER, ESC, Arrow dan sebagainya.

2. Mouse

    Mouse adalah sebuah media input perintah berbasis grafis, mouse bekerja dengan "klik" dan setiap klik mewakili beberapa perintah jika harus diketikkan.

3. Motherboard

    Motherboard adalah sebuah perangkat keras yang merupakan tempat bersatunya seluruh komponen pada komputer. masing-masing motherboard memiliki konfigurasi tersendiri.

4. Processor

    Processor merupakan otak dari sebuah komputer, processor bertugas  untuk mengatur seluruh proses kerja pada komputer. Processor dibagi dua bagian umum, yaitu: CU(Control Unit) dan ALU (Arithmetic and Logic Unit).

5. Monitor

    Monitor adalah media input yang utama yang bersifat soft copy yang berfungsi untuk menampilkan gambar. Monitor dibedakan atas resolusi/ketajaman gambar.

6. Harddisk

    Harddisk adalah sebuah media penyimpanan yang utama dari sebuah komputer yang bertugas menyimpan data maupun operating system dari komputer.

7. Memory

    Memory adalah sebuah media penyimpanan sementara baik program maupun data, memory bersifat "volatille" tergantung pada arus.

8. VGA Card

    VGA Card adalah sebuah media yang menghubungkan antara CPU dengan monitor, semakin besar kemampuan VGA maka semakin bagus juga tampilan yang dihasilkan, dan diperuntukkan bagi pecinta game.

9. Sound Card
   
    Sound card adalah sebuah media yang menghubungkan perangkat audio ke komputer, bekerja dari inputan sebuah microphone dan di output melalui speaker.

10. Floopy Disk
   
     Floppy disk adalah media penyimpanan bersifat mobile (mudah dipindahkan), kapasitasnya sangat terbatas dan lebih cepat rusak apabila dipakai berulang kali atau terkena air dan medan magnet.

11. Power Supply

     Power supply adalah sumber daya utama sebuah komputer, bertugas untuk mengalirkan listrik ke seluruh komponen komputer, semakin banyak teknologi yang ditanam di PC maka kapasitas daya yang dihasilkan oleh Power Supply harus semakin besar.

12. Casing
 
      Casing adalah sebuah media yang berfungsi untuk menanam berbagai hardware didalamnya sesuai dengan kebutuhan PC yang akan dirakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar